Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bagian Belakang


Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebasea yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan kuman, dapat menyumbat  pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat di punggung.  

Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang mempunyai kelenjar yang menjadikan minyak atau folikel rambut, termasuk di punggung. Tapi, pencegahan dan pengobatan jerawat di punggung bisa sedikit berbeda dengan penanganan jerawat pada wajah.

Berbagai Metode Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung
Supaya jerawat tak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut sebagian cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung.

  • Senantiasa mandi sesudah olahraga
  • Mandi setelah olahraga amat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Jangan biarkan peluh dan kotoran melekat di kulit Anda sebab dapat memicu munculnya jerawat di punggung.
  • Hindari mengenakan pakaian ketat. Pakaian yang ketat diyakini bisa menumpukkan kotoran dan keringat di punggung Anda, khususnya sesudah berolahraga. Maka demikian, pakailah dengan baju lebih longgar, pantas dengan ukuran tubuh supaya kulit Anda bernapas.
  • Lakukan perawatan kulit yang bagus. Jagalah kebersihan tubuh dengan teratur membersihkan kulit lebih-lebih sesudah berkeringat, mencuci dan membilas rambut hingga benar-benar bersih sehingga tidak ada sampo yang membekas. Lakukan perawatan pantas dengan ragam kulit
  • Bersihkan kulit dengan lembut. Menggosok kulit dengan keras ketika mempunyai jerawat justru bisa memperburuk jerawat. Maka demikian, bersihkan atau gosok kulit Anda dengan lembut.
Selain itu, diet yang tak sehat juga dapat memengaruhi tubuh kita khususnya jika Anda yang rentan terhadap jerawat, karena ada makanan tertentu dapat menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung. Maka demikian, mulailah untuk merubah pola makan yang seimbang dan sehat dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

Anda juga bisa menggunakan sebagian bahan untuk mengobati jerawat secara mandiri, merupakan dengan mengaplikasikan benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Melainkan, jika sistem-sistem di atas tak cakap mengusir jerawat dari punggung Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.  Dokter mungkin akan memberikan obat minum untuk menuntaskan jerawat di punggung yang umumnya melingkupi area yang cukup luas.

Hindari Perbuatan yang Memperburuk Jerawat
Ada sebagian tindakan yang dapat memperburuk kondisi jerawat, di antaranya:

Memencet jerawat
Jangan adakalanya mencoba membersihkan jerawat dengan cara memijit atau memencet Tanpa pengetahuan yang cukup, hal itu akan membikin timbulnya bekas luka permanen.
Terlalu tak jarang membersihkan zona yang berjerawat
Hal ini akan menyebabkan jerawat di punggung kian menjadi dan memunculkan iritasi kulit.

Mengaplikasikan air terlalu panas atau dingin
Lebih baik pakai air dengan temperatur sedang atau hangat dikala mandi. Mengaplikasikan air yang terlalu panas dan terlalu dingin juga dapat memperburuk problem.
Jerawat di punggung biasanya berkaitan genetis seseorang yang memiliki produksi minyak berlebih dalam tubuhnya. Tapi demikian, elemen gaya hidup juga berimbas, termasuk penerapan produk perawatan tubuh.

Karenanya agar risiko terkena jerawat semakin minim, Anda dapat memakai gaya hidup yang sehat dan bersih. Jangan ragu untuk kunjungi dokter ahli kulit sekiranya jerawat di punggung tak kunjung sirna agar bisa diberi pengobatan yang sesuai.

Sumber:Alodokter


Penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung berikut ini merupakan salah satu artikel kami yang mengulas seputar jerawat yang tumbuh di punggung. Jerawat yang muncul dipunggung memang tak terlihat namun ketika kita melakukan aktifitas yang mengharuskan membuka baju seperti berenang contohnya jerawat pasti akan terlihat juga. Dimana pun letaknya jerawat memang sangat mengganggu dan membuat kita jadi kurang percaya diri. Selain itu jerawat yang muncul di punggung membuat kita tidak nyaman ketika beraktifitas karena sering tiba-tiba gatal. Dan pada kesmepatan kali ini kami akan mengulas permasalah jerawat dipunggung ini mulai dari penyebab dan cara mengatasinya secara aman sehingga tidak menimbulkan bopeng bekas jerawat.

Penyebab Jerawat Muncul di Punggung dan Dada
Sebelum kita mengulas cara mengobati jerawat di punggung ada baiknya kita juga tahu penyebabnya berikut ini :

#1 Keringat
Keringat yang keluar karena aktifitas berat seperti olahraga atau kegiatan lain diluar ruangan akan membuat punggung jadi lembab sehingga memicu munculnya jerawat, apalagi jika anda kurang menjaga kebersihan tubuh anda sendiri.

#2 Memakai Kondisioner

Kondisioner memang dipakai pada rambut namun kandungan silikon pada kondisioner juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karenanya saat menggunakan kondisioner usahakan jangan sampai mengenai kulit punggung anda.

#3 Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian
Pelembut atau pewangi pakain juga dapat memicu timbulnya jerawat, itu karena pada tipe kulit tertentu tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan iritasi yang dapat mengakibatkan jerawat.

#4 Penggunaan Tas
Tas sebenarnya bukan merupakan salah satu penyebab jerawat namun penggunaan tas dengan beban yang berat mampu menghambat keringat dan membuatnya terkunci pada bagian tubuh tertentu sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda memakai tas sebaiknya memilih tas dengan tali yang tipis.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==