Jual Bawang Sambil Baca Al-Qur’an, Nenek Rokhani Bikin Haru Netizen


Belajar dan beribadah tak mengetahui umur. Kalimat itu yang tampaknya mau dijelaskan oleh Rokhani, nenek 90 tahun asal Ganten Lama, Magelang, Jawa Tengah.

Nenek Rokhani setiap hari berjualan bawang putih tunggal atau kerap disebut bawang lanang di emperan toko. Ia mulai berjualan mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Mungkin, Rokhani tak berbeda dengan pedagang kebanyakan. Tetapi, ada satu tradisi unik yang kerap kali ia lakukan di jeda menunggu dagangannya. Membaca kitab fikih berbahasa Arab.

Seorang pengguna Facebook, Mameth Hidayat sempat mengabadikan kegiatan Rokhani saat berjualan. Dia lalu men-upload foto Rokhani di akun miliknya.

“Dahulu beliau berjualan di Pasar Rejowinangun. Akan tapi sesudah Pasar Rejowinangun kebakaran beliau berjualan di emperan toko oleh-oleh Endang Jaya Magelang,” tulis Mameth.

Mameth mengatakan membaca kitab sembari menunggu pembeli telah menjadi budaya Rokhani. Seandainya mendengar azan, Rokhani bergegas shalat di masjid terdekat dari lokasinya berjualan.

Rokhani memang dikenal sebagai sosok yang rajin ibadah. Pagi hari sebelum berjualan, Rokhani mengaji Al-Qur’an. Saat di tempat jualan, dia baru membaca kitab fikih.

“Beliau tinggal di Ganten sendirian, pernah diajak anaknya untuk tinggal bersamanya, akan tapi beliau tak berharap,” tulis Mameth.

Rokhani tinggal di sebuah rumah kecil tidak jauh dari Mesjid. Rumah itu cuma memiliki satu lampu yang diaplikasikan untuk keperluan membaca Alquran.

Untuk keperluan sehari-hari, Rokhani merasa cukup mengandalkan hasil dagangannya. Setiap hari ia menghabiskan uang untuk membeli sayuran.

Sempat ia mengelus sakit punggung. Ini mungkin disebabkan bobot dagangan yang seharusnya ia gendong. Sedangkan seperti itu, Rokhani memilih untuk tidak menyerah dan mengabdikan diri beribadah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Sumber:syariahcenter


Apa penyebab jerawat merah meradang?
Kemerahan pada jerawat bukanlah luka, melainkan sebagai bentuk peradangan. Jerawat merah meradang diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, di mana ini menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berkembang, sedangkan sisa-sisaradikal bebas akan merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit

Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang dalam semalam?
Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui jika ingin menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam. Pertama, kemerahan disebabkan oleh efek peradangan. Oleh karena itu, perawatan yang Anda gunakan haruslah yang menangani masalah peradangan ini.

Selanjutnya, Anda harus memastikan jerawat sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat. Ada beberapa perawatan yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

1. Gunakan es batu
Metode tercepat adalah dengan es pada jerawat yang sedang meradang. Anda bisa menggunakan kain berih untuk menampung beberapa es batu dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

2. Pakai aspirin
Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala saja, namun juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas. Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.

3. Pakai pasta gigi
Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang mana membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

4. Poles makeup untuk sementara
Anda juga bisa menggunakan makeup sebagai cara menghilangkan jerawat dan menyembunyikan kemerahan di kulit. Saat ini sudah banyak kosmetik tersedia yang tidak berminyak dan non-komedo. Pilih kosmetik berbahan mineral yang menggunakan silica, titanium dioksida, dan zinc oksida karena bahan-bahan ini tidak mengiritasi kulit.

Make up jenis tersebut juga efektif menghilangkan minyak dan menutupi kemerahan di kulit. Bila Anda menggunakan concealer untuk menyamarkan kemerahan, gunakan yang berwarna hijau karena kontras dengan warna merah pada jerawat, membuatnya terlihat samar.

Taburkan bedak setelah memakai concealer untuk menyamakan warna kulit Anda. Hal ini juga akan mencegah lunturnya makeup. Jangan terlalu sering gunakan make up untuk menutupi jerawat, karena ini hanya akan menambah jerawat jadi lebih banyak.

Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan Anda, tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Menghilangkan kemerahan tidak meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==